Mengenal Tanaman Cabai Pelangi

Mengenal Tanaman Cabai Pelangi
Cabai merupakan salah satu bahan yang wajib bagi kuliner, baik itu sebagai bumbu, sambal maupun untuk pelengkap makan gorengan.
Cabai keriting, cabai merah, cabai hijau ataupun cabai rawit adalah jenis cabai yang sering kita jumpai di pasar.
Namun dengan maraknya produk dari luar yang dibawa ke indonesia, munculah beberapa jenis baru yang mempunyai bentuk unik, diantara jenis cabai yang bisa dijadikan sebagai tanaman hias atau ornamental pepper adalah jenis cabai pelangi.

Sesuai dengan namanya cabai ini mempunyai berbagai warna buah, warna tersebut didapat dari perubahan ketika buah mulai tumbuh.
Cabai awalnya berwarna ungu kemudian berubah menjadi kuning lalu menjadi orange dan akhirnya menjadi berwarna merah ketika matang.

Proses tumbuh serta tingkat kematangan buah-buah cabai pada tanaman cabai pelangi tidak berlangsung serentak sehingga menghasilkan warna yang bervariasi sehingga tanaman cabai ini dinamankan pelangi.

Tingkat kepedasan dari cabai pelangi tidak seperti cabai pada umumnya, hanya berkisar 5.000-30.000 SHU, dibandingkan dengan cabai umum yang mencapai 50.000-100.000 SHU.
Karena tidak begitu pedas, tanaman cabai pelangi ini lebih banyak digunakan sebagai tanaman hias daripada sebagai cabai konsumsi.
Jenis cabai pelangi ini berasal dari Amreika Selatan yang mempunyai iklim yang panas dengan curah hujan yang lebih rendah daripada Indonesia, sehingga tanaman ini cocok untuk ditanam di Indonesia.
Tinggi rata-rata pohon cabai pelangi ini mencapai 60 hingga 90 cm.
Tanaman cabai pelangi ini tidak terlalu membutuhkan banyak air.
Jenis cabai pelangi juga mempunyai berbagai jenis, diantaranya adalah bolivian rainbow, brazilian rainbow, numex twilight, cenennial rainbow dan razzamatazz.
Beberapa cabai tersebut sudah dapat dibudidayakan bibitnya, sehingga dapat diproduksi secara lokal.

Bibit cabai ini dapat diperoleh pada toko online sebagai tanaman hias.
Untuk toko pertanian masih sangat jarang ditemui, karena kebanyakan hanya untuk tanaman hias dan juga harganya masih relatif mahal.

Demikianlah sekilas pengenalan cabai pelangi yang bisa saya share, semoga bermanfaat.

Bila anda suka dengan tulisan ini, mohon dibagikan ya Sob...

0 Response to " Mengenal Tanaman Cabai Pelangi "

Populer Hari ini

POPULER MINGGU INI

Diberdayakan oleh Blogger.

Daftar Blog Saya