Pilkada, Jakarta - Komisi Pemilihan Umum (KPU) DKI Jakarta kembali menggelar debat kandidat bagi pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta, Jumat, 27 Januari 2017. Debat kandidat ini digelar di tempat yang sama dengan debat sebelumnya, Hotel Bidakara, Jakarta Selatan.

Sebagai pasangan calon inkumben, pasangan calon Basuki Tjahaja Purnama dan Djarot Saiful Hidayat mengaku tidak memiliki persiapan khusus. Hal tersebut diungkapkan oleh juru bicara Basuki-Djarot, Raja Juli Antoni. Menurut dia, tidak ada pelatihan khusus bagi pasangan Ahok-Djarot."Enggak ada (coaching)," kata Raja kepada Tempo, Jumat, 27 Januari 2017.

Hari ini, Ahok dan Djarot dikabarkan akan berkumpul bersama tim sukses. Menurut Raja, pertemuan tersebut bersifat internal untuk mempersiapkan debat kandidat nanti malam. Pasangan calon nomor urut dua ini hanya kembali mengecek dan mengkonfirmasi data yang telah dikumpulkan.

"Kami hanya meeting internal melihat rundown dari KPUD. Kami juga mengkonfirmasi data-data yang sudah dikerjakan. Cuma melihat data-data saja. Kofirmasi ingatan mereka," kata Raja.

Debat kandidat tersebut merupakan kesempatan kedua bagi masing-masing calon untuk menjelaskan program kerjanya menjelang hari Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2017. Tak terkecuali bagi pasangan calon Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok dan Djarot Saiful Hidayat.

Dalam debat kandidat kedua ini, KPU menggandeng presenter Tina Talisa dan akademisi Eko Prasojo jadi moderator debat kedua. Adapun tema yang diusung adalah reformasi birokrasi dan penataan kawasan perkotaan.

LARISSA HUDA