Metro, Jakarta - Kepolisian Daerah Metro Jaya akan mengamankan 238 vihara di seluruh Jakarta pada hari raya Imlek yang jatuh pada Sabtu, 28 Januari 2017.

"Ada vihara besar dan jamaahnya sedikit tetap kami amankan dan jadi atensi," kata Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Polda Metro Jaya Komisaris Besar Raden Prabowo Argo Yuwono di Polda Metro Jaya Jumat, 27 Januari 2017.

Menurut Argo, pengamanan nantinya akan ditangani Polda dengan bantuan langsung dari Polres setempat. Namun untuk evaluasi akan dilakukan oleh Polres. Meski begitu Argo belum dapat memastikan jumlah personel yang akan turun mengamankan hari raya Imlek.

Hal ini, kata Argo tergantung jumlah jamaat yang akan beribadah di tiap Vihara. Semakin banyak jemaatnya, semakin banyak pula personel yang akan berjaga.

Selain pada kegiatan ibadah, kata Argo acara pemberian angpao juga akan menjadi perhatian. Hal ini untuk mengantisipasi adanya kericuhan di antara warga. "Jangan sampai masyarakat desak-desakan dan terhimpit," kata dia.

Sesuai dengan protap, kata Argo, sterilisasi di lokasi-lokasi ibadah juga akan dilakukan. Pengaman di lokasi-lokasi lain juga akan dilakukan. "Tempat perbelanjaan dan wisata kami amankan juga," kata dia.

EGI ADYATAMA