Gaya, Jakarta -Handphone saat ini menjadi benda utama yang dibawa ke mana saja. Bukan hanya berfungsi sebagai alat komunikasi, handphone juga menjadi alat yang paling sering digunakan untuk memotret.

Seiring dengan perkembangan teknologi, kemampuan kamera handphone semakin bertambah. Kamera smartphone pun kini semakin canggih dengan hasil gambar yang tidak kalah bagusnya dengan gambar yang dihasilkan kamera SLR.

Sayangnya, hasil foto menggunakan kamera smartphone terkadang masih tetap terbatas. Bukan semata karena kualitas kamera, namun juga mungkin karena tidak mengetahui cara penggunaannya dengan baik. (Baca :Belajar Phoneography Yuk! Simak Triknya )

Berikut tips dari fotografer Reuters Bea Wiharta untuk mengoptimalkan kemampuan kamera smartphone agar memiliki hasil seperti kamera profesional.

1. Pencahayaan


Beberapa kamera smartphone, seperti Samsung Galaxy S7, LG G5 dan Sony Z5, sudah dilengkapi dengan slider pengatur pencahayaan, meski bentuknya berbeda. Saat cahaya kurang gelap, tombol slider pengatur cahaya tersebut dapat digeser agar cahaya menjadi lebih gelap, begitu juga sebaliknya.

"Slider pengatur pencahayaan ini akan membuat hasil fotomu jauh lebih baik dibanding biasanya. Dan slider ini yang akan membuat hasil fotomu seperti memakai kamera profesional," ujar Bea.

"Memotret adalah menangkap cahaya, semakin banyak cahaya, hasilnya akan makin bagus. Jadi memotretlah di tempat yang banyak cahaya sehingga kita bisa memilih milih atau memainkan cahaya memakai HP kita," sambung dia.

2. Fokus
Setelah mengatur pencahayaan, yang diatur kemudian adalah fokus. Pilihlah titik fokus sesuai kebutuhan. "Aturan pencahayaan dan fokus yang benar bisa membuat foto dari HP seperti foto dari kamera pro," kata Bea.


3. Motret malam hari
Meski kemampuannya terbatas, kamera smartphone sudah dapat dipakai untuk memotret pada saat malam hari. Pada smartphone terbaru, kameranya sudah tidak kesulitan mencari titik fokus pada malam hari. Beberapa bahkan juga sudah dilengkapi dengan pilihan ISO.  "Kalau kesulitan memfokus pada malam hari, tipsnya, arahkan dan carilah titik dimana ada cahaya yang agak terang," ujar Bea. (Baca : Curhat di Media Sosial Baik untuk Kesehatan Mental Anda)

4. Cara memotret

Memotret menggunakan smartphone tidak berbeda dengan memakai kamera profesional; fotografer dan tangannya tidak boleh goyang. 'Memencet shutter pada kamera HP pelan saja, jangan memencet memakai nafsu atau emosional, biasanya kamera akan goyang dan hasilnya blur," kata Bea.

Meski kamera smartphone saat ini sudah sangat canggih, namun yang harus diingat, menurut Bea, kamera hanya alat, penangkap objek sesungguhnya adalah pengambil foto itu sendiri,

"Yang memotret sebenarnya adalah kita, otak kita. Kamera hanya alat, seperti pena. Jadi, kitalah yang mengatur kamera agar alat ini bisa menghasilkan foto yang bagus," tutup Bea.

ANTARA

Baca juga : Sering Stres? Mungkin Postur Tubuh Anda Salah, Ini Risetnya