Pilkada, Jakarta - Calon Wakil Gubernur DKI Jakarta, Sylviana Murni, mengatakan timnya memiliki aplikasi untuk mengawal pemilihan kepala daerah (pilkada) 2017. “Tim IT kami sudah menyiapkan itu,” katanya di Wisma Proklamasi, Jakarta Pusat, Kamis, 9 Februari 2017.

Pada 16 Januari 2017, pasangan nomor urut satu, Agus Harimurti Yudhoyono dan Sylviana Murni, meluncurkan aplikasi bernama Jaga Agus-Sylvi. Aplikasi ini bertujuan untuk melibatkan masyarakat dalam menjaga proses pilkada DKI agar berlangsung jujur dan adil.

Baca Juga: Amankan Pilkada DKI, Pangdam Jaya Siap Bantu Polri

Jaga Agus-Sylvi dapat diakses di www.jagaagussylvi.com atau di-instal di perangkat Android. Dalam aplikasi ini, pengguna dapat mengecek daftar pemilih tetap (DPT) dan melaporkan apabila adanya kecurangan.

Selain Agus-Sylvi, Partai Solidaritas Indonesia meluncurkan aplikasi bernama Go Ahok 2. Dalam aplikasi ini pengguna dapat melihat hasil kerja nyata Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok dan Djarot Saiful Hidayat.

Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Grace Natalie mengatakan peluncuran aplikasi Go Ahok 2 untuk memberikan informasi mengenai kinerja pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta inkumben, Basuki Tjahaja Purnama dan Djarot Saiful Hidayat. "Ini solusi yang PSI tawarkan untuk melihat kinerja Pak Ahok selama menjabat sebagai gubernur DKI," ucapnya di kantor DPP PSI, Jakarta Pusat, Senin, 28 November 2016.

Simak: Masa Tenang Pilkada, Kampanye Lewat Medsos Dilarang

Grace mengatakan, belakangan ini, Ahok dan Djarot kerap mengalami penghadangan di sejumlah titik lokasi blusukan. Karena itu, pihaknya membuat aplikasi lanjutan dari Go Ahok generasi pertama untuk menyuarakan perubahan di Jakarta selama kepemimpinan Ahok-Djarot.

Wakil Sekretaris Jenderal DPP PSI Danik Eka menjelaskan, aplikasi tersebut berbasis lokasi dengan teknologi GPS dan crowdsourcing mobile application, yang menjadikan aplikasi sebagai media demokrasi. Pengguna, ujar dia, dapat melihat hasil kerja nyata Ahok-Djarot melalui lokasi GPS ponsel yang digunakan. "Pengguna juga bisa memberikan posting-an dan informasi dalam aplikasi," tuturnya.

Danik mengatakan aplikasi sementara baru bisa diunduh melalui Play Store pada ponsel Android. Pengguna bisa mencari aplikasi bernama Go Ahok 2 di Play Store dan bisa menggunakannya dengan login melalui akun Google atau Facebook.

AMMY HETHARIA | FRISKI RIANA | SETIAWAN ADIWIJAYA