Nasional, Solo - Bus yang membawa wisatawan asal Sidoarjo, Jawa Timur, terguling masuk jurang di Tawangmangu, Karanganyar, Jawa Tengah, Ahad 26 Februari 2017. Sedikitnya enam penumpang tewas dalam kecelakaan itu.

"Kemungkinan rem blong,” kata Kepala Satuan Lalu Lintas Polres Karanganyar Ajun Komisaris Ahdi Rizaliansyah.

Berita lain: Pilkada Jatim 2018, Siapa Kandidat Demokrat?

Bus tersebut diketahui melaju dari arah Jawa Timur menuju Tawangmangu. Rombongan wisatawan itu akan melakukan perjalanan wisata ke obyek Gerojogan Sewu, Tawangmangu.

Saat melalui jalan turunan yang menikung, pengemudi bus Sularis Jaya itu diduga tidak mampu mengendalikan kendaraannya.

Bus tersebut melaju lurus dan masuk jurang dalam kondisi terguling. Sebelum masuk jurang, kendaraan itu juga sempat menyambar beberapa rambu tanda tikungan.

Menurut Ahdi, ada enam penumpang yang tewas, dua di antaranya tewas seketika di lokasi. Sedangkan lainnya tewas dalam perjalanan ke rumah sakit.

Menurut Ahdi, jalur tersebut memang memiliki jalur yang curam dan banyak tikungan. “Hanya untuk kendaraan kecil,” katanya. Sedangkan untuk bus dan kendaraan besar sudah ada jalan baru yang lebih landai.

Berdasarkan pantauan Tempo, hingga saat ini jenazah masih berada di Puskesmas Tawangmangu. “Akan dibawa ke RSUD Karanganyar untuk disucikan,” kata Kepala Polsek Tawangmangu, AKP Rianto.

AHMAD RAFIQ