Nasional, Brebes - Tri Ayu Retnosari dan Ayu Dhika Asyira, anaknya yang berusia 3 tahun, belum juga ditemukan setelah dilaporkan tenggelam di Sungai Pemali, Brebes, Jawa Tengah,  pada Sabtu, 4 Februari 2017.

“Kami masih melakukan pencarian,” kata Koordinator Tim Search and Rescue (SAR) Brebes, Adhe Dhanie Raharjo saat ditemui di lokasi pencarian, Minggu, 5 Februari 2017.

Menurut Adhe, peristiwa itu terjadi sekitar pukul 14.00 WIB. Saat itu, warga yang sedang mencari rumput di sekitar lokasi melihat Tri Ayu sambil menggendong anaknya, Ayu Dhika Asyira.

Tri Ayu yang berusia 23 tahun, yang tinggal di Desa Kupu, Kecamatan Wanasari tampak mondar mandir di tepi sungai.

“Bahkan, saksi sempat menegur agar menjauh dari sungai, karena saat itu arus cukup deras,” kata Adhe.

Namun, tak berselang lama, Ayu dan anaknya sudah tidak ada di tempat dan hanya meninggalkan sepasang sandal di tepi sungai. Di sekitar sandal juga terdapat jejak kaki yang mengarah ke sungai.

“Diduga, wanita itu terjun ke sungai,” kata dia.

Saksi lain, Daim, yang merupakan tukang becak di sekitar lokasi mengatakan, saat itu dia melihat korban sedang mondar-mandir. Dia tidak sempat menegur karena mengira korban akan buang air besar.

“Saya masuk ke pasar, mengantarkan barang bawaan saya. Lalu saya minta tolong teman saya untuk mengecek wanita itu. Tapi katanya tidak ada. Ternyata benar hanya ada sandal dan bekas jejak kaki,” kata dia. Peristiwa itu langsung dilaporkan kepada Kepolisian dan SAR Brebes.

Tim SAR Brebes bersama TNI dan Polri menerjunkan tiga perahu karet untuk mencari korban. Pencarian dilakukan dengan menyisir hingga ke muara, namun hingga Ahad sore, keduanya belum diketahui keberadaannya.

“Kendalanya karena arus bawah sungai kemungkinan sangat deras, sehingga besar kemungkinan sudah sampai ke muara,” kata dia.

Informasi yang beredar, sebelum kejadian, korban sempat cekcok dengan suaminya. Sehingga banyak yang berspekulasi jika wanita tersebut melakukan percobaan bunuh diri.

Menurut Adhe, keluarga sempat menerima SMS dari korban yang isinya kira-kira, meminta keluarga jangan mencarinya karena akan pergi jauh.

Namun, dia belum bisa menyimpulkan motif korban menceburkan diri karena masalah keluarga. “Pihak keluarga belum bisa dimintai keterangan lebih lanjut,” kata dia.

Suami korban, Andik Siswanto, 30 tahun, saat ini syok mengetahui kabar tersebut. Dia juga belum bisa dimintai keterangan.

MUHAMMAD IRSYAM FAIZ