Metro, Jakarta - Pimpinan Front Pembela Islam Rizieq Syihab menggelar agenda blusukan mengunjungi rumah korban banjir di kawasan Kemuning, Kelurahan Pejaten Timur, Pasar Minggu, Jakarta Selatan. Kedatangan Rizieq disambut meriah oleh kader FPI dan Laskar Pembela Islam (LPI) yang ada di lokasi.

Saat Rizieq datang, lantunan salawat dan dendang musik rebana menggema di kawasan permukiman penduduk yang dilanda banjir itu. Para anggota FPI kemudian mengerubutinya. "Kami datang ke sini bukan untuk tausiah, tapi program kami memberi bantuan ke korban bencana banjir," kata Rizieq, Rabu, 22 Februari 2017.

Baca : Tinjau Banjir, Djarot Sindir Pendemo 212 Tak Bantu Korban

Rizieq dijadwalkan datang pukul 09.30 WIB, tapi ia baru tiba sekitar pukul 11.20 WIB. Rizieq masuk ke rumah seorang penduduk yang ada di dekat sungai. Setelah masuk di teras rumah, Rizieq balik kanan menuju masjid terdekat. Rizieq tak mengelilingi semua korban banjir atau berbincang dengan korban banjir.

Di masjid, Rizieq menunaikan salat Dzuhur berjamaah dan berpidato. Dalam pidatonya, ia menyampaikan bahwa FPI memiliki program bantuan korban bencana banjir atau kebakaran.

"Kami juga membantu memperbaiki rumah roboh akibat bencana banjir atau kebakaran," ujarnya. Dia juga menyampaikan bahwa apa yang dilakukan FPI hari ini adalah bagian dari kelanjutan Aksi 212.

Dalam kunjungannya kali ini, Rizieq memberi bantuan logistik seperti beras, air minum dan kebutuhan pokok lainnya. Rizieq juga akan membuka pengobatan gratis bagi korban bencana. "Setelah ini saya juga akan mengunjungi Cipinang, di sana masih banjir," kata dia.

Selain oleh anggota FPI, kedatangan Rizieq juga disambut warga Pasar Minggu dengan antusias. Ibu-ibu memenuhi masjid mendengarkan pidato Rizieq. Pun dengan penduduk lainnya di sekitar lokasi.

AVIT HIDAYAT