Nasional, Karawang - Polisi menangkap dua perempuan yang kedapatan mencuri sepeda motor di Dusun Cipondoh, Blok Randu Desa Kertawaluya Kecamatan Tirtamulya Kabupaten Karawang, Sabtu, 25 Februari 2017. Satu diantaranya ternyata tengah hamil 7 bulan.

Kepala subbagian hubungan masyarakat Kepolisian Resor Karawang, Ajun Komisaris Marjani mengatakan perempuan yang tengah hamil itu bernama Eni, 23 tahun. Sedangkan kawannya adalah Rawi, 23 tahun. Keduanya kepergok saat mencuri sepeda motor milik Kana, 51 tahun.

Marjani bercerita, saat itu Kana sedang memarkirkan kendaraan di pinggir jalan dusun Cipondoh. Ia lalu menyabit rumput di pematang sawah. Dari jarak kurang lebih 50 meter, Kana mengawasi sepeda motornya sambil terus menyabit rumput.

Dari kejauhan, Kana melihat dua perempuan mendekati dan mengambil sepeda motornya. Dengan spontan pria itu berteriak maling kepada pelaku. Para petani yang kebetulan tengah menggarap sawah, berdatangan memburu pelaku.

Saat itulah Eni dan Rawi berusaha kabur. Eni menunggangi motor matic, adapun Rawi mengendarai motor bebek curian. Namun mereka tidak bisa pergi jauh karena sudah terkepung. Massa yang geram batal memukuli pelaku lantaran merasa kasihan saat Eni mengaku tengah hamil. "Massa lalu melampiaskan kekesalan dengan membakar motor Honda Beat yang dikendarai Eni," kata Marjani, Ahad, 26 Februari 2017.

Kedua perempuan itu lalu dibawa ke di markas kepolisian sektor Lemahabang. "Untuk menghindari hal yang tidak diinginkan, kedua pelaku kami evakuasi," ujar Marjani.

Berdasarkan hasil pemeriksaan, kedua pelaku diduga sudah beberapa kali mencuri sepeda motor. Dalam aksinya, Eni dan Rawi selalu berduet. Rawi adalah spesialis eksekusi, perempuan bertatto itu dikenal mampu mencuri motor dalam hitungan detik. Adapun Eni lebih sering berperan mengamati situasi dan memilih jalur kabur.

Marjani mengatakan, selain beraksi di wilayah kecamatan Lemahabang, pelaku juga pernah beraksi di wilayah Cilamaya dan Tirtamulya. "Pelaku sudah empat kali mencuri motor di wilayah Lemahabang," ungkap Marjani.

Saat ini, Eni dan Rawi masih diperiksa secara intensif. "Dugaan sementara, kedua pelaku mencuri motor untuk membantu biaya persalinan Eni," kata Marjani.

HISYAM LUTHFIANA