Gaya, Jakarta- Psoriasis adalah penyakit autoimun yang mengenai kulit. Biasanya  ditandai dengan sisik berlapis berwarna keperakan disertai penebalan warna kemerahan dan rasa gatal atau perih. Belum diketahui secara pasti penyebab psoriasis.

Psoriasis menyebabkan merah, patch bersisik muncul di kulit . Hal ini dapat terlihat seperti ruam, sehingga Anda mungkin khawatir bahwa Anda bisa terkena dari orang lain atau menularkannya kepada orang lain.

Anda bisa bernapas lega, karena psioriasis ini tidak menular. Sehingga, Anda tidak dapat menangkap penyakit ini dengan menyentuh seseorang yang memilikinya.

Meskipun gejala psoriasis muncul pada kulit, kondisi ini sebenarnya pada masalah sistem kekebalan tubuh, yang disebut penyakit autoimun. Ini berarti pertahanan tubuh bereaksi berlebihan atau bereaksi pada saat yang salah, yang mempengaruhi tubuh dalam dan luar.

Ketika orang memiliki psoriasis, sistem kekebalan tubuh mereka menyebabkan sel-sel kulit untuk tumbuh lebih cepat dari biasanya. Mereka menumpuk terlalu cepat dan membentuk tebal, lesi (keadaan jaringan yang abnormal) dan bersisik.

Ada beberapa jenis penyakit, tetapi yang paling umum adalah psoriasis plak. Lebih sering muncul di lutut, siku, atau kulit kepala. Bercak atau patch di kulit bisa dirasakan seperti bengkak, gatal, sakit, dan mungkin retak dan berdarah. Jenis lain dari kondisi ini adalah dapat menyebabkan bintik-bintik kecil berwarna merah, benjolan berisi nanah, atau patch skala merah.

AFRILIA SURYANIS | WEBMD