Bisnis, Jakarta - Menteri Koperasi dan UKM AAGN Puspayoga mengatakan Koperasi Simpan Pinjam (Kospin) Jasa resmi menjadi penyalur kredit usaha rakyat (KUR)untuk pelaku UMKM mulai Maret 2017. “Satu-satunya koperasi penyalur KUR di Indonesia hanyalah Kospin Jasa, Cuma ditingkatkan lagi,” katanya  dalam keterangan tertulisnya, Minggu, 26 Februari 2017.

Menurut Puspayoga, tidak banyak koperasi di Indonesia yang bisa tumbuh dan berkembang dengan baik. Saat ini terdapat sekitar 209 ribu koperasi, di mana 62 ribu di antaranya terpaksa dibubarkan karena dinyatakan tidak aktif. “Berbeda dengan Kospin Jasa yang sudah ikut menjadi penyalur KUR, itu artinya dia sehat, omsetnya tinggi, IT nya bagus, itu contoh koperasi yang kita harapkan,” katanya.

Baca: Aplikasi CashCoop Gratis Khusus Koperasi Diluncurkan

Puspayoga menambahkan pemerintah membutuhkan waktu tiga bulan untuk menyiapkan Kospin Jasa sebagai penyalur KUR. Kini tinggal  menunggu penyelesaian Sistem Informasi Kredit Program (SIKP) sehingga Kospin Jasa ditargetkan resmi menyalurkan KUR pada bulan depan. “Tiga bulan persiapan termasuk cepat sekali, kalau perbankan bisa enam bulan.”

 Deputi bidang Pembiayaan Kemenkop UKM, Braman Setyo mengatakan proses verifikasi terhadap 32 koperasi calon penyalur KUR terus dilakukan. Sejauh ini ada tiga koperasi yang potensial,  masing-masing berasal dari Kalimantan Barat, Sulawesi Selatan, dan Nusa Tenggara Timur (NTT). “Ini on process, verifikasi tetap kita lakukan dan ini calon penyalur yang akan kita rekomendasikan,” ujarnya.

Ketua Umum Kospin Jasa, Andy Arslan Djunaid berharap target penyaluran KUR pada Maret mendatang tidak meleset. Sebab, manajemen dan sistem yang ada telah memenuhi syarat untuk menyalurkan KUR itu. Jika sudah dapat direalisasikan, maka  133 kantor cabang Kospin Jasa di daerah siap bergerak.

Simak: Jika Kalah di Arbitrase, Freeport Dinilai Bakal Rugi Besar

“Kami siap karena sehari-hari kami menyalurkan pinjaman kepada UKM juga, jadi prinsipnya ini tidak terlalu asing dan sudah kita jalankan bertahun-tahun,” kata Andy.

GHOIDA RAHMAH