Pilkada, Jakarta - Masa pencoblosan pemilihan umum kepala daerah serentak tinggal 10 hari lagi. Pasangan Calon Gubernur DKI Jakarta Agus Harimurti-Sylviana Murni punya cara sendiri untuk mengkonsolidasikan barisan pendukungnya.

Ahad siang tadi, ribuan pendukung Agus-Sylvi berkumpul di kawasan Sentul, Bogor. Agus mengatakan forum komunikasi tersebut diberi nama Forum RTRW. "Tahu singkatannya," tanya Agus kepada awak media. "Kepanjangannya ialah Rakyat Tangguh Republik Wibawa," ucapnya di Gelanggang Olahraga Basket Simprug, Jakarta, 5 Februari 2017.

Saat ditanya apakah ada pengurus atau ketua rukun tetangga atau rukun warga, Agus yang biasa disapa AHY itu mengatakan tidak tahu. Ia malah meminta media untuk mencari tahu. Namun ia menegaskan kalau ribuan orang yang datang ke Sentul merupakan simpatisan yang akan mengamankan jalannya Pilkada di Jakarta.

Menurut dia, para pendukung itu tidak hanya bertekad memenangkan Pilkada, tapi juga menjaga agar tidak ada kecurangan dan penyimpangan aturan. "Mereka punya tekad menjaga (Pilkada) dengan baik," ucap Agus.

Lebih lanjut, Agus juga tak tahu bila dalam pertemuan di Sentul ada pembagian jam tangan. Ia yakin kalau aksi pelanggaran tidak akan dilakukan apalagi menjelang masa pencoblosan. "Jam tangan siapa. Saya saja cuma pakai gelang. Saya tidak tahu masalah itu," tutur putra sulung Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono itu.

ADITYA BUDIMAN