Gaya, Bandung - Seorang mahasiswi di Bandung, Aurora Wibrianne, mencari seorang pendamping pria di hari wisudanya pada 13 Maret 2017. Pengumuman lowongan itu menjadi viral di media sosial dengan seribu lebih orang yang berkomentar. Beberapa lelaki dan perempuan ikut mengajukan lamaran.

Di akun media sosial seperti Facebook dan Line, pengumuman Aurora yang berusia 23 tahun itu menyebar luas sejak muncul 5 Februari lalu. Dia menulis tengah mencari pria lajang berusia antara 20-35 tahun. Juga disyaratkan memiliki good attitude, good manner, well groomed, punya hati yang melayani, dan senyum yang tulus.

Mahasiswi program studi Destinasi Pariwisata di Sekolah Tinggi Pariwisata Bandung tersebut mengutamakan pria yang berdomisili di Bandung atau Jakarta. Tugas utama pria pendampingnya itu yang akan diberi upah, antara lain membantunya bawa barang, memotret, dan ikut menjawab sambil senyum kalau ada yang menanyakan kapan akan menikah.

Para pelamar, menurut Aurora, ada yang mengaku pendamping wisuda profesional sampai membuat naskah dan akting. “Saya bukan mencari pendamping wisuda yang pura-pura jadi pacar, saya itu mencari asisten pribadi,” kata Aurora, Kamis, 9 Februari 2017.

Menurut Aurora, pengumuman itu serius dan bukan hoax. “Sejauh ini belum ada yang deal,” katanya.

Beragam komentar dan pernyataan siap mendampingi bermunculan. “Saya siap, waktu yang pas sekali di saat saya ulang tahun 13 maret. Mungkin bisa ketemu bidadari seperti kamu bisa jadi kado terindahku,” kata seorang lelaki berinisial DAS.

ANWAR SISWADI