Bola, Jakarta - Antonio Conte saat ini tengah mengalami masa-masa yang menyenangkan di Chelsea. Pelatih asal Italia ini terus dipuji terkait dengan performa timnya yang luar biasa.

The Blues kini memuncaki klasemen dengan keunggulan 9 poin dari Tottenham Hotspur. Dengan 14 laga tersisa, mereka pun paling diunggulkan untuk menjadi juara.

Tapi, Conte menyatakan bahwa kondisinya saat ini jauh berbeda dengan keadaan saat pertama tiba di klub itu. Ia bergabung Stamford Bridge pertengahan tahun lalu, setelah meninggalkan Timnas Italia.

Baca: Manchester United Perkuat Pasukan, Siapa Saja yang Diincar?

Conte mengungkapkan ia membuat perubahan kecil ketika baru tiba di klub itu. Ia rutin mengajak para pemain mengadakan sesi menonton video untuk tiap pertandingan yang mereka jalani.

Ternyata, para pemain sama sekali tak antusias. Conte bahkan merasa dalam tiap sesi itu, para pemainnya pasif dan seperti tanpa minat sama sekali.

"Sejujurnya para pemain saya tak terbiasa dengan itu," kata Conte. "Awalnya, kami sangat sulit melakukannya. Karena setelah lima menit, 10 menit...," Conte tak melanjutkan kalimatnya. Pemain bosan? tanya wartawan. Ia pun menganggukkan kepalanya.

Baca: Posisi Wenger Kian Terancam, Ini 3 Kandidat Penggantinya

Kondisi itu berbarengan dengan awal yang kedodoran yang dialami Chelsea di liga. "Awalnya sangat sulit. Tapi, kami mulai melakukannya dengan benar. Saat menonton pertandingan, kami bukan mencari siapa yang salah sehingga kami kebobolan. Bukan. Hanya untuk, memperbaiki diri," kata Conte.

Belakangan, setelah beralih dari formasi 4-4-2 ke 3-4-3, Chelsea pun mampu bangkit dan terus menang. Kini mereka unggul jauh dari para pesaingnya.

Conte menyebut, yang terpenting dari semua metode yang ia terapkan adalah menjadi satu kesatuan sebagain tim. "Setiap pemain menyertakan bakatanya ke dalam tim," kata dia.

Chelsea akan kembali berlaga dengan melawan Burnley dalam lanjutan Liga Inggris, Ahad malam.

METRO | NURDIN