Dunia,  Mumbai - Eman Ahmed, perempuan terberat didunai asal Mesir, mendarat di lapangan terbang internasional Mumbai, India, sabtu, 11 Februari 2017, pukul 04.00 subuh waktu setempat.

Kedatangan perempuan, berbobot 500 kilogram, yang tak bisa bergerak sama sekali selama 25 tahun itu untuk terapi penurunan berat badan di fasilitas kesehatan setempat, Saifee Hospital.

"Dia akan menjalani observasi selama kurang lebih satu bulan sebelum perempuan itu dioperasi," kata dokter.

Saat ini, Eman, 36 tahun, dalam pengawasan para dokter ahli bedah dipimpin Muffazal Lakdawala untuk dilakukan operasi bariatrik.

Operasi bariatrik adalah operasi pengangkatan bagian perut dan usus kecil untuk menginduksi penurunan berat badan.

Selama ini dokter telah melakukan pengobatan terhadap Eman hampir tiga bulan dan melakukan berbagai tindakan yang diperlukan antara lain dengan menyiapkan tempat tidur terikat guna memindahkan Eman dari Kota Alexandria, Mesir, ke Mumbai India.

"Membawa Eman ke Mumbai merupakan tantangan tersendiri karena kasusnya sangat kompleks. Dia pasien berisiko tinggi mengingat dia sama sekali tak bisa bergerak atau meninggalkan rumah selama 25 tahun," ucap dokter.

Para dokter harus menyiapkan tempat tidur khusus yang dibuat oleh para ahli di Mesir demi keselamatan Eman saat tiduran di pesawat Egyp Air.

Selain itu, tim dokter membawa perlengkapan kesehatan ke rumah sakit sebanyak satu truk, disusul satu ambulans khusus dan pengawalan polisi ke Saifee Hospital.

"Eman juga harus memiliki ruang khusus di rumah sakit," tulis ANI News.

NDTV | ANI NEWS | CHOIRUL AMINUDDIN