Bola, Balikpapan - Persiba Balikpapan akan bermain bertahan guna meredam permainan menyerang Persib Bandung dalam pertandingan Grup C Piala Presiden di Stadion Si Jalak Harupat pada Minggu, 12 Februari 2017.

“Kami menempatkan striker tunggal dalam pertandingan nanti,” kata pelatih Persiba, Timo Scheunemann, saat dihubungi, Jumat, 10 Februari 2017.

Timo mengatakan, Persiba memang harus menerapkan skema permainan khusus untuk membendung pergerakan pemain Persib yang didukung ribuan suporter. Tim Beruang Madu sepertinya akan menerapkan skema taktik 4-2-3-1 dengan menempatkan Marlon da Silva sebagai penyerang tunggal di barisan lawan.

“Sudah dilakukan simulasi dalam permainan nanti, seperti pemilihan pemain yang bermain penuh, setengah, dengan pemain yang bermain kurang dari setengah,” ucap Timo.

Persiba kemungkinan akan memperkuat sektor tengah dengan menempatkan dua gelandang berkarakter bertahan. Tiga gelandang serang diharapkan mampu membuka peluang dengan menyuplai umpan matang agar bisa dikonversi menjadi sebuah gol.

“Sebelum berlatih di lapangan, kami melaksanakan sesi taktik di kelas dulu, agar pemain makin mengerti," ujar Timo. Dia menyatakan formasi 4-2-3-1 sangat ideal menahan laju permainan Persib nanti. Persiba punya ruang mencuri gol lewat kerja sama serangan balik memanfaatkan kelengahan lawan.

S.G. WIBISONO