Pilkada, Jakarta - KonserGue2 yang dipersembahkan untuk pendukung pasangan calon Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok, dan Djarot Saiful Hidayat, di ex Driving Range, Senayan, Jakarta Selatan, dihadiri puluhan ribu pengunjung. Konser itu digelar hari ini, Sabtu, 4 Februari 2017, mulai siang hingga petang.

Baca: Ini Pesan Megawati di KonserGue2

Akun Twitter tanda pagar (tagar) #KonserGue2 menjadi bahan pembahasan paling banyak di jejaring sosial itu. Banyak kicauan dari para netizen, termasuk musisi dan artis pendukung Ahok-Djarot yang hadir di acara itu turut meramaikan tagar ini.  Hingga pukul 19.50 WIB, #KonserGue2 masih memimpin di urutan pertama, disusul dengan tagar lainnya seperti #DeritaLOL, #PialaPresiden2017, dan lain-lain.

Beberapa artis dan seniman ikut menyuarakan tagar itu. Misalnya sutradara film Janji Joni, Joko Anwar. Melalui akunnya @jokoanwar, dia mengaku bangga jadi pendukung Ahok-Djarot. “Alhamdulillah. Bangga jadi pendukung Ahok-Djarot. ‘Ahoker’ sebutan yang cool. I’m a proud Ahoker. :) #KonserGue2,” tuturnya seperti dikutip di Twitter, Sabtu, 4 Februari 2017.

Baca: Demi Ahok-Djarot, Sejumlah Artis Rela Konser Tak Dibayar  

Di akunnya, Joko Anwar juga mengatakan bahwa dari seniman pendukung konser itu, tak ada yang menerima uang honor. “Satu pun seniman pendukung #KonserGue2 nggak ada yang dibayar. Semua pengen ikut partisipasi for progress. Progress!” tuturnya.

Artis lainnya yang ikut membubuhkan tagar #KonserGue2 adalah Titi Rajo Bintang. Dalam akunnya @TitiRajoBintang, ia mengunggah foto berisi tulisan anjuran bagi pendukung Ahok-Djarot yang ingin ikut konser. Seperti misalnya persiapan konsumsi, memakai sepatu, menggunakan transportasi umum Transjakarta, dan lain-lain. “Nih yg mau dtg ke #konsergue2 baca ini dl ya :),”ucap Titi.

Baca: Ikut Konser Gue 2, Ini Alasan Tompi Pilih Ahok-Djarot  

KonserGue2 mulai digelar pada 13.30 dan baru berakhir pada petang. Beberapa musisi turut memeriahkan acara seperti grup band Slank, penyanyi Krisdayanti, Ello, Tompi, Gita Gutawa, Gading Martin, dan belasan artis lainnya. Meski konser diwarnai dengan guyuran hujan deras di arena Senayan, tak menyurutkan penonton untuk ikut bersuka ria menikmati alunan musik.

Ahok, sebagai calon yang didukung, mengucapkan terima kasih atas konser yang dibuatkan untuknya. "Kami tadinya enggak berpikir untuk buat acara seperti ini, tapi kata mereka, musisi perlu pak, kita mesti bikin," ujar dia. Rencananya Ahok juga akan menggelar pesta rakyat pada 11 Februari 2017, bertepatan dengan masa berakhirnya kampanye.

DESTRIANITA | AVIT HIDAYAT