Metro, Jakarta - PT Pembangunan Jaya akan menyelesaikan relokasi pedagang Pasar Senen pada 10 Maret 2017 mendatang. Relokasi dilakukan terhadap para pedagang yang menjadi korban kebakaran pada Januari 2017 lalu.

Direktur PT Pembangunan Jaya, Sutopo Kristanto mengatakan tempat penampungan untuk para pedagang akan segera selesai dibangun. Saat ini, sebagian pedagang memilih menjajakan dagangannya di sekitar pasar dan bahu jalan.

Baca : Pasar Senen Dibangun Lagi, Terintegrasi Apartemen

"Selama 24 jam kami terus bekerja agar pedagang bisa kembali berjualan," kata Sutopo, Senin, 20 Februari 2017. Pihaknya menyediakan tempat penampungan sementara di Blok V Pasar Senen yang saat ini kosong.

Selain mempersiapkan kios-kios untuk pedagang, Sutopo mengatakan pihaknya juga akan membangun jembatan penghubung antara Blok IV dan Blok V. Tujuannya, agar Blok V ramai oleh pengunjung. "Kecemasan pedagang kan akses. Selain itu, kami akan bikin parkiran biar banyak yang datang," kata dia.

Sebelumnya, para pedagang menilai Blok V sebagai tempat relokasi sangat tidak strategis. Mereka khawatir pelanggan akan sepi jika dipindahkan ke sana. "Apakah nanti akan banyak pembeli yang ke sana," ujar Edy, pemilik toko sepatu di Pasar Senen.

Koordinator Trade Center Pembangunan Jaya, Edi Santoso, mengatakan ada 1.019 pedagang asal Blok I dan II yang akan direlokasi ke Blok V. Penjual kue subuh akan ditempatkan di area parkir serta lantai 1 dan 2. Adapun pedagang buku dipindahkan ke lantai 5. "Sementara mereka di sana dulu sampai renovasi selesai di Blok I dan II," ujar Edi.

ERWAN HERNAWAN