Nasional, Bandung - Pusat Mata Nasional Rumah Sakit Mata Cicendo, Bandung, mengkampanyekan pemeriksaan dini masalah pupil putih (white pupil). Penyakit yang membuat anak seperti punya ‘mata kucing’ itu pada bola matanya, terdeteksi meningkat.

“Pupil Putih itu merupakan kanker,” kata Irayanti, Direktur Pusat Mata Nasional Rumah Sakit Mata Cicendo, Bandung, Ahad, 5 Februari 2017.

Kampanye tersebut disampaikan saat perayaan 108 tahun Rumah Sakit Mata Cicendo di Bandung Ahad, 5 Februari 2017. Menteri Kesehatan Nila Djuwita Farid Moeloek, Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan, dan Wali Kota Bandung Ridwan Kamil hadir pada kampanye tersebut.

Menurut Irayanti, pasien pupil putih merupakan anak-anak berusia empat tahun ke bawah. Pasien dengan kondisi tersebut yang ditangani RS Mata Cicendo berjumlah sekitar 50 orang sejak 2015. Diduga masih banyak anak lain yang mengidap penyakit tersebut tanpa disadari oleh orang tua maupun petugas medis di Pusat Kesehatan Masyarakat.

Kampanye pupil putih didasari oleh kekurangtahuan masyarakat terhadap bahaya penyakit tersebut. Pasien pupil putih yang dirujuk ke RS Mata Cicendo, menurutnya, sekitar 80 persen dalam kondisi parah.

“Karena itu perlu deteksi dini oleh masyarakat dan kami mengajak Dinas Kesehatan untuk edukasi ke dokter Puskesmas,” kata Irayanti.

Pupil putih atau ‘mata kucing’ merupakan tanda klinis awal adanya tumor ganas pada mata yang disebut retinablastoma. Dari bercak kecil, putih pada pupil bisa membesar seperti katarak yang terjadi pada orang tua.

ANWAR SISWADI