Pilkada, Jakarta - Calon Gubernur DKI Jakarta nomor urut 2 Basuki Tjahaja Purnama menonton film berjudul Bid'ah Cinta di XXI Taman Ismail Marzuki, Cikini, Jakarta Pusat, Sabtu, 18 Maret 2017. Dalam kesempatan itu, Ahok menonton bersama istrinya, Veronica Tan.

Ahok mengaku tak ada alasan khusus ia menonton film ini. "Aku cuma mau dukung film nasional saja," kata Ahok saat ditemui sebelum menonton film.

Ahok datang sekitar pukul 16.00 WIB. Ia disambut langsung oleh sutradara film itu, Nurman Hakim. Calon gubernur inkumben itu memilih tempat duduk tepat di tengah. Tak lama kemudian, Veronica terlihat datang menyusul Ahok.

Menonton film diakui Ahok merupakan salah satu hobinya sejak kecil. "Bapak saya punya bioskop yang rendah sampai layar tancep, misbar istilahnya kalau di kampung, gerimis bubar," kata dia sambil terkekeh. Namun di tengah pemutaran film, Veronica tampak meninggalkan ruang bioskop.

Film berdurasi 128 menit itu dibintangi oleh sejumlah aktor terkenal Indonesia. Mulai dari Ayushita dan Dimas Aditya, Alex Abbad, Dewi Irawan, Yoga Pratama, Jajang C Noer, hingga Ibnu Jamil. Film ini ditulis oleh Ben Sohib mengenai kisah cinta antara dua muda mudi di kampung yang dilanda konflik agama.

Usai menonton, Ahok menilai film itu bagus. "Menggambarkan kehidupan sehari-hari kita. Kesan film ini mebuktikan kearifan, kamu pindah gubuk, pindah gak ada guna kalau kamu gak punya cinta. Cinta sesuatu yang lebih penting," kata Ahok.

Ini bukan kali pertama Ahok menonton film yang dipantau publik. Ia sempat menonton film Jakarta Undercover, Warkop DKI Reborn, hingga Cek Toko Sebelah.

Kedatangan Ahok di sana sempat membuat suasana di sana riuh. Warga yang datang berebut untuk bersalaman dan mengambil foto dengan Ahok. Beberapa kali Ahok juga ikut melayani permintaan foto itu.

Ia bahkan sempat mendatangi kelompok anak-anak yang sedang berlatih tari. Ia juga sempat menggendong bayi di sana.

EGI ADYATAMA