Pilkada, Jakarta - Calon Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan blusukan di Fresh Market Pantai Indah Kapuk, Jakarta Utara, pada Ahad, 19 Maret 2017. Ditemani wakilnya, Sandiaga Uno, Anies bercengkrama dengan para pedagang di sana.

Ditemui di lokasi, Anies mengaku tak bermasalah blusukan di mana pun, meski di PIK, pasangan calon nomor urut 2 Basuki Tjahaja Purnama dan Djarot Saiful Hidayat unggul. "Sebenarnya basis kita semua Jakarta, malah kami merasa Jakarta ini harus jadi rumahnya semua," kata Anies ringan sambil duduk ngopi di kantin pasar.

Ia mengatakan kedatangannya untuk meninjau pengelolaan pasar tradisional di sana. Pembangunan, kata Anies, tidak akan bisa terwujud jika masih harus berpikir mengenai basis massa.

"Kami yakin nanti justru memainkan peran menjembatani menghindari pengkotak-kotakan menjadikan semuanya bersatu, maka suasana di Jakarta akan menjadi lebih kondusif," kata Anies.

Dalam kunjungan itu, banyak pengunjung pasar penasaran. Kesempatan itu juga banyak dimanfaatkan mereka untuk berfoto bersama dengan Anies dan Sandiaga.

Suasana riuh saat salah satu pedagang sayuran bernama Endang, mengajak foto Anies. Pedagang perempuan itu bergaya sambil menunjukan dua jari, yakni jari telunjuk dan jari tengahnya. Mendadak, seakan tersadar, ia pun mengganti gaya tangannya menjadi tiga jari.

"Salah, bukan dua (jari), tapi tiga," kata Endang cekikikan. Sontak hal ini membuat para pedagang dan pengunjung di sana tergelak. Anies pun nampak tersenyum dan melanjutkan blusukannya.

Ditemui setelah berfoto, Endang mengatakan hal itu merupakan ketidaksengajaan. Ia menegaskan ia mendukung Anies sepenuhnya. "Saya kan dari dulu penggemar Pak Anies," kata dia.

Kunjungan itu diakhiri dengan ngopi dan memakan roti bakar di kantin Fresh Market Pantai Indah Kapuk. Di sana, Anies Sandiaga ditemani sejumlah pedagang dan pengelola pasar itu.

EGI ADYATAMA