Metro, Jakarta - Artsip Jakarta menggelar acara RPTRA Mural Festival dan Workshop Jakarta 2017 di 50 titik ruang publik baru di Jakarta. Kegiatan ini dibagi menjadi dua kelompok waktu. Pada pekan ini, kegiatan menghias RPTRA dengan mural diselenggarakan di 25 RPTRA di wilayah Jakarta Barat, Jakarta Pusat, Jakarta Selatan dan Jakarta Utara. Pekan depan, kegiatan serupa dilakukan di RPTRA yang lain. 

Panitia dari Artsip Jakarta Ismutia Rickard mengatakan, acara ini diselenggarakan atas kerja sama dengan Pemerintah Daerah untuk mengembangkan RPTRA yang ada. "Jadi kami mewakili mereka bantu mengembangkan RPTRA. Jadi termasuk programnya pemerintah," kata Ismutia saat ditemui di RPTRA Jeruk Manis, Kebon Jeruk, Jakarta Barat, Sabtu, 11 Maret 2017.

Istmutia menyatakan bahwa dalam kegiatan ini, timnya juga melibatkan puluhan seniman mural Jakarta dan remaja setempat. Kegiatan ini diawali dengan workshop mural yang dilanjutkan dengan menggambar bersama di dinding-dinding ruang publik tersebut.

"Harapannya, gambar-gambar ini bisa menjadi simbol unik di masing-masing RPTRA," katanya.

Pekan depan rencananya masih ada 25 RPTRA lagi yang akan diramaikan dengan acara ini. Peserta yang bisa bergabung pun tidak dibatasi usia.

"Untuk info lebih lanjut soal lokasi dan jadwal bisa cek di website kami," katanya.

INGE KLARA SAFITRI