Bisnis, Jakarta - Kementerian Pariwisata membidik pasar anak muda di Kuala Lumpur, Malaysia, dengan mengikuti "Myballoon Fiesta" yang diselenggarakan di Desa Park City, Kuala Lumpur, mulai 10 hingga 12 Maret 2017.

"Anak muda di mata Menpar Arief Yahya adalah future costumers. Gaya hidup mereka adalah digital dan interaktif. Di event Myballoon Fiesta anak-anak muda kumpul di sana," ujar Deputi Pemasaran Mancanegara Kemenpar I Gde Pitana didampingi Asisten Deputi Pengembangan Pasar Asia Tenggara Rizki Handayani dalam siaran pers yang diterima di Kuala Lumpur, Minggu, 12 Maret 2017.

Baca Juga: Tari Indonesia Sedot Perhatian di Bursa Pariwisata Dunia

Pitana  mengatakan perhelatan yang lebih menyasar anak-anak muda di Malaysia ini merupakan kegiatan tahunan yang diselenggarakan oleh pemerintah setempat.

Kemenpar juga menebar balon udara ukuran raksasa mengembang di tanah lapang di Desa Park City yang salah satunya bertuliskan Wonderful Indonesia.

Untuk tahun 2016 wisatawan yang datang ke Indonesia sejumlah 12 juta orang. Dari jumlah tersebut, 1,2 juta wisatawan berasal dari Malaysia. "Untuk tahun ini kami menargetkan sebanyak 1,7 juta wisatawan dari Malaysia, termasuk yang berusia muda untuk datang ke Indonesia," kata Pitana.

Pitana menambahkan untuk 2016 terjadi penurunan jumlah wisatawan dari Malaysia karena perekonomian di Malaysia yang tengah menurun. Selain itu  juga adanya isu negatif dari pintu masuk di kepulauan Riau.

Simak: Kementerian Pariwisata Bidik Pasar ASEAN

Namun, yang jelas, penurunan tersebut disebabkan banyaknya wisatawan dari Malaysia yang memilih berkunjung ke Vietnam. Untuk itulah diperlukan inovasi baru dalam memperkenalkan Indonesia.

"Selama ini mereka hanya tahu wilayah Jakarta dan Bandung saja, padahal di Indonesia masih ada tempat-tempat wisata lainnya yang tidak kalah eksotis, seperti Bromo, Lombok, Raja Ampat, Labuan Bajo, dan masih banyak lagi. Oleh karena itu kita perkenalkan di kegiatan ini," katanya.

Asisten Deputi Pengembangan Pasar Asia Tenggara Kementerian Pariwisata Rizki Handayani mengatakanada yang menarik dari perjalanan memperkenalkan pariwisata Indonesia di Malaysia kali ini, yaitu ketertarikan wisatawan asal Malaysia akan sejarah Walisongo di tanah Jawa.

Menurut Rizki, ketertarikan wisatawan asal Malaysia akan sejarah Walisongo sebenarnya bisa dimanfaatkan sebesar-besarnya untuk lebih membuka keran wisatawan dari Malaysia ke Indonesia.

Baca: Arab Saudi Tertarik Pariwisata Sumatera Barat

"Di acara ini banyak sekali dari wisatawan yang menanyakan mengenai paket perjalanan Walisongo. Karena salah satu penyebar Islam di tanah Melayu ini adalah para Walisongo, itu pun ada dalam sejarah mereka," katanya.

 Rizki menambahkana selain Malaysia peran Walisongo ternyata juga sampai ke negara Sri Lanka, dimana penyebar agama Islam di sana adalah Walisongo juga. Dari sinilah pihaknya kemudian merasa tertarik untuk membuka paket perjalanan Walisongo tersebut.

ANTARA