Nasional, Jakarta - Masyarakat di wilayah Flores Timur, Nusa Tenggara Timur (NTT) dikejutkan gempa dini hari tadi, Ahad, 19 Maret 2017, sekitar pukul 03.56 Wita. Menurut data Badan Meteorologi dan Geofisika atau BMKG, gempa bumi berkekuatan 4,6 Skala Richter tersebut dengan episentrum terletak pada 7.07 Lintang Selatan dan 125.07 Bujur Timur.

Kepala BMKG/Koordinator BMKG NTT Hasanudin di Kupang,  mengatakan gempa tersebut tidak berpotensi tsunami. Menurut dia, gempa tersebut terjadi pada 147 kilometer Timur Laut Alor pada kedalaman 556 kilometer. Hingga laporan ini dibuat, belum ada kabar gempa susulan.

Baca juga:
Gempa Bermagnitudo 4,8 Guncang Karo

Sementara, beberapa jam sebelumnya, tepatnya Sabtu 18 Maret 2017, masyarakat Kabupaten Garut, Jawa Barat telah lebih dahulu digoyang gempa. Gempa bumi selama beberapa detik, pukul 23.56 tersebut  menurut situs BMKG terjadi di barat daya Kabupaten Tasikmalaya dengan kekuatan 5,0 skala richter.

Dan, hingga berita ini ditayangkan belum ada informasi dari BMKG akibat dari gempa di dua daerah tersebut, serta kerugian materil maupun korban terdampak gempa bumi itu dari pemerintah setempat.

ANTARA  I  S. DIAN ANDRYANTO