Nasional, Palembang - Sebanyak 500 pelantun atau qori dan qoriah ayat suci Al-Quran tampil dihadapan ribuan warga di kota Palembang dalam pembukaan Musabaqoh Tilawatil Qur'an (MTQ).

Secara berbarengan, mereka membacakan ayat suci itu dengan merdu dan penuh khusuk. Tidak sekedar meramaikan acara, akan tetapi qori dan qoriah ini tengah memecahkan rekor Musium Rekor Indonesia (MURI) untuk ketegori terbanyak.
Baca : Menteri Lukman Mengklaim MTQ Kembali ke Khittahnya

“Alhamdulillah terpecahkan dengan kategori pembacaan Al-Quran serentak terbanyak,” kata Wali Kota Palembang Harnojoyo, Ahad, 12 Maret 2017. Pemecahan rekor yang berlangsung Sabtu malam, 11 Maret 2017 tersebut merupakan satu rangkaian pembukaan MTQ tingkat kota Palembang.

Qori dan qoriah tersebut dipilih berdasarkan pengalaman dan kemampuan mereka tampil dalam kejuaraan atau MTQ tingkat kota Palembang beberapa waktu yang lalu. Sehingga Harnojoyo menjamin pemecahan rekor bukan sekedar berdasar kuantitas peserta akan tetapi yang jauh lebih penting adalah kualitas.

“Untuk mewujudkan Palembang emas salah satunya masyarakat yang madani melalui kecintaan terhadap alquran,” ujar Harnojoyo. Acara yang berlangsung di Benteng Kuto Besak ini, diawali parade kafilah MTQ dari 16 kecamatan sekota Palembang.

Kemudian dilanjutkan dengan pemecahan rekor MURI pembacaan Al-Quran serentak. Kemudian warga yang memadati lokasi acara mendengarkan tausiah dari sejumlah ulama dengan mendengarkan dendangan melalui suara emas dari artis mudah Fatin Shidqia Lubis.
Simak juga: Dilepas Sejumlah Menteri, Raja Salman Terbang dari Bali ke Jepang

Sementara itu Kepala Bagian Humas pemerintah kota Palembang, Rudiantoro menambahkan pemecahan rekor MURI juga dibarengi acara launching gerakan sholat subuh berjamaah di masjid "everyday success with subuh".

Hingga saat ini gerakan ibadah berjamaah tersebut sudah berlangsung di puluhan masjid dan mushola. Pada setiap acara utamanya diakhir pekan tersebut, Harnojoyo turun langsung bersama staffnya. Ahad, 12 Maret 2017 misalnya, Wali Kota hadir dalam shalat subuh berjamaah di masjid Agung Palembang.

PARLIZA HENDRAWAN
Baca juga : Mantan Penasehat KPK Ini Minta Tjahjo Kumolo Stop Proyek E-KTP