NasionalBupati Purwakarta Dedi Mulyadi menambah satu lokasi taman bacaan baru buat meningkatkan minat baca buat anak-anak sekolah dan masyarakat umum. “Ini lokasi taman baca yang kelima,” kata Kang Dedi, sapaan akrab Dedi, saat ditemui di lokasi pembangunan Taman Baca Ciganea, Senin, 6 Maret 2017.

Luas taman baca ini satu hektare dan berada di antara bangunan Gapura Indung Rahayu, menjelang Kota Purwakarta. Bagian selatannya dibangun di atas lahan milik Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat bekas SPBU yang sudah habis masa pakainya. “Tadinya kan gersang, sekarang kami hijaukan dan menjadi ruang publik dan taman baca juga,” ujar Dedi.

Fasilitas taman bacaan dibuat dengan tema alam, sehingga membuat betah para pengunjungnya. “Untuk para pembaca kami siapkan tempat duduk dan lesehan yang berarsitektur Sunda dan berada di bawah rerimbunan pohon,” ucapnya.

Selain menyiapkan fasilitas tadi, Dedi menyiapkan fasilitas bacaannya. “Ya buku-buku bacaan, majalah, komik bacaan yang sederhana dan menyegarkan,” tuturnya.

Sebelum membangun Taman Baca Ciganea, Dedi membuat empat taman yang juga bisa berfungsi sebagai taman baca, yaitu Taman Baca Jalan Baru, Maya Datar, Panca Warna, dan Sri Baduga.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Purwakarta Rasmita Nunung Sanusi mengapresiasi langkah Dedi tersebut. “Sangat bagus. Sebab, semakin banyak alternatif taman baca, makin banyak pilihan buat anak-anak belajar,” ujarnya. (*)