Metro, Bogor - Kepala Satuan Reserse Kriminal Kepolisian Resor Kota Bogor Kota Komisaris Canda Sasongko mengatakan pihaknya sempat memeriksa Ahmad Rofiki, pengemudi ojek online Uber, yang dituduh membawa kabur dan menculik Farhany Ramadhila Abdillah, 17 tahun, pelajar kelas 12 IPS, SMA YPHB Kota Bogor.

Kepolisian juga sempat mempertemukan Rofiki dengan Farhany. Hasilnya, Rofiki tidak melakukan penculikan. “Yang jelas, tidak ada kasus penculikan oleh pengemudi online, yang ada driver Uber tersebut menjadi korban,” kata Canda, Ahad, 5 Maret 2017.

Baca: Dugaan Penculikan, Polisi Curiga Pengakuan Farhany Berubah

Sejak muncul isu penculikan, di media sosial beredar luas foto Rofiki, dengan tudingan sebagai pelaku penculikan. “Saya memang sempat mendapat order dari siswi tersebut menjadi penumpang,” kata Rofiki di Polresta Bogor Kota.

Rofiki mengatakan, dirinya mendapat pesanan untuk mengantarkan Farhany dari Cibinong dengan tujuan Stasiun Bogor, bukan dari sekolah atau tempat les, pada Kamis malam. “Siswi SMA Plus YPHB tersebut memesan ojek online dengan tujuan stasiun kereta api Bogor dengan titik temu di Jalan Tegar Beriman Cibinong, tepatnya McD, sekitar jam 7 malam,” kata Rofiki.

Namun, kata Rofiki, Farhany yang sebelumnya memesan ojek online dengan tujuan Stasiun Bogor minta diturunkan di halte Taman Air Mancur, Jalan Jenderal Sudirman. “Saya juga tidak tahu tujuan persisnya, tapi dalam perjalanan dari Cibinong hingga Taman Air Mancur Bogor, Farhany terus memainkan handphonenya,” ujar Rofiki.

Keesokan harinya, Rofiki mengaku kaget, karena fotonya tersebar luas di media sosial dengan tuduhan membawa kabur dan menculik penumpangnya. “Saya kaget setelah tahu foto saya disebar dan banyak teman ojek online menghungungi saya,” ucap Rofiki.

Sebelumnya, ayah Farhany, Agung Abdillah, melaporkan kasus kehilangan anaknya ke Polresta Bogor dan Polsek Bogor Utara pada Kamis malam, 2 Maret. Farhany yang seharusnya sudah pulang dari bimbingan belajar belum kunjung sampai rumahnya hingga larut malam.

Padahal sebelumnya Farhany berkomunikasi dengan ibunya bahwa ia akan pulang naik ojek. Pada malam harinya, Farhany sempat menghubungi ayah dan pamannya via pesan singkat dan telepon.

Baca juga: Siswi SMA Dilaporkan Hilang, Farhany Linglung saat Ditemukan

Farhany mengatakan dirinya tengah disekap di ruang gelap dan meminta ayahnya menjemputnya.Pihak keluarga juga sempat mencari Farhany ke daerah Tambun, Bekasi. Sebab, Farhany sempat mengirim lokasi ia berada melalui media Line ke temannya.

M SIDIK PERMANA