Bola, London - Manchester Unitedsemestinya fokus menjuarai Manchester United musim ini, yang akan memberikan klub trofi yang belum pernah mereka menangi sekaligus mengamankan tiket ke Liga Champions musim depan, demikian dikatakan mantan manajer Sir Alex Ferguson.

United menghuni peringkat kelima di Liga Inggris dan tertinggal empat angka dari tim peringkat keempat Liverpool, meski mereka masih unggul dua pertandingan yang belum dimainkan atas klub Merseyside itu.

Finis di empat besar akan memastikan tiket kualifikasi Liga Champions namun Ferguson, yang mengarsiteki klub tersebut selama 27 tahun, meyakini United memiliki peluang besar untuk lolos dengan menjuarai kompetisi level klub strata kedua Eropa.

"Hal yang benar adalah, kami belum pernah menjuarai Liga Europa," ucapnya kepada ESPN. "Kami tidak pernah menjuarai Piala UEFA, yang biasanya dapat dilakukan. Dan kami memiliki undian hebat. Saya tidak berkata mengenai kepastian, namun mereka memiliki peluang hebat."

"Itu tetap trofi Eropa. Dan jika Anda memenanginya, Anda menuju Liga Champions. Insentifnya lebih besar untuk melakukan hal itu."

Klub-klub Inggris gagal memenangi gelar Eropa sejak Chelsea menjuarai Liga Champions pada 2012.

Ferguson, yang memenangi dua trofi Liga Champions dan satu Piala Winners saat masih mengasuh United, mengatakan kesuksesan di Eropa merupakan hal penting.

"Pada 1970-an, Ajax dan Bayern Munich; 1980-an, Liverpool; 1990-an Italia, AC Milan. Dan kemudian Inggris memiliki masa bagus," tambah pria Skotlandia 75 tahun ini.

"Saat ini, siklusnya dikuasai tim-tim Spanyol. Dan mereka merupakan yang terbaik, itulah mengapa mereka memenanginya."

United akan mengunjungi klub Belgia Anderlecht pada leg pertama perempat final Liga Europa pada 13 April, sebelum bertindak sebagai tuan rumah sepekan kemudian, demikian Reuters.

ANTARA