Nasional, Jakarta - Sekretaris Kabinet Pramono Anung membantah kabar istri Presiden Joko Widodo, Iriana, telah menerima hadiah kalung dari Raja Arab Saudi Salman bin Abdulaziz al-Saud. Ia mengatakan, tidak ada pemberian seperti itu.

"Saya kebetulan mengikuti semua acara (Raja Salman) yang berlangsung. Tidak ada itu (pemberian kalung ke Iriana). Tidak pernah ada," ujar Pramono saat dicegat di kompleks Istana Kepresidenan, Senin, 6 Maret 2017, menjawab kabar yang marak di sosial media mengenai Raja Salman telah memberikan hadiah kalung berlian kepada Iriana Jokowi.

Baca juga:
Dubes Arab Saudi: Raja Salman Menyukai Destinasi Wisata Laut
Bisa Jadi Raja Salman ke Bali untuk Wisata Toleransi

Pramono bahkan mengatakan, kabar soal pemberian hadiah itu sudah beredar sejak Raja Salman belum mendarat di Indonesia. Dengan begitu, tidak benar apabila Raja Salman memberikan perhiasaan kepada Iriana ketika sudah berada di Indonesia.

Hal senada disampaikan Menteri Sekretaris Negara Pratikno. Ia menyatakan, tidak ada pertukaran hadiah bernilai besar antara Presiden Joko Widodo dengan Raja Salman. Apa yang ada, kata Pratikno, hanyalah pemberian cenderamata dari Presiden Joko Widodo kepada Raja Salman berupa foto.

Sebagaimana diberitakan sebelumnya, telah beredar video di jejaring sosial yang diberi judul "Kalung-kalung Berlian Pemberian Raja Salman ke Ibu Iriana Jokowi yang Diserahkan ke KPK". Video tersebut mempertontonkan berbagai jenis kalung berlian yang tampak mewah karena berkeliauan.

Kalung-kalung berlian tersebut tampak berada di dalam dan di atas kotak-kotak berlian. Dan, beberapa di antaranya terdapat tulisan dengan huruf Arab. Menurut kabar itu, perhiasan tersebut kemudian diberikan ke KPK, sebagai bentuk pengembalian gratifikasi. Pramono Anung membantahnya, dan mengatakan kabar pemberian kalung kepada Iriana Jokowi dari Raja Salman itu tidak benar.

ISTMAN MP

Simak: Putri Raja Arab: Gila Belanja, Modis, dan Hampir Dipenjara