Bisnis, Jakarta - Tak sedikit calon pelancong memilih waktu liburan akhir tahun dalam ajang Japan Travel Fair di Mal Kota Kasablanka. Wisata ke negara sakura pada akhir tahun disebut-sebut sangat menyenangkan dibandingkan waktu-waktu lainnya.

Salah satu pengunjung pameran, Alif, mendatangi hampir semua booth perusahaan wisata untuk bertanya-tanya soal tiket keberangkatan ke Jepang tersebut. Sayangnya ia tak berhasil mendapatkan tiket promo ke Osaka seperti yang sesuai kantongnya.

Pekerja swasta berusia 28 tahun ini menyebutkan akhir tahun adalah waktu yang paling tepat untuk mengunjungi Jepang. “Musim dingin di Jepang sangatlah menyenangkan,” tuturnya pada Tempo, Sabtu, 4 Maret 2017.

Tahun lalu saat berkunjung ke Tokyo, Alif memilih waktu September dan saat itu cuaca di sana belum terlalu dingin. "September tidak enak, masih musim panas peralihan gitu," ujarnya.

Tahun ini ia berencana mengunjungi kota Osaka dan Kyoto, karena dia ingin merasakan suasana tradisional kedua kota tersebut. Dia berencana hanya membeli tiket pesawat saja ke Jepang, dan merencanakan perjalanannya sendiri dibandingkan ikut paket wisata yang ditawarkan sejumlah agen travel. "Mau planning sendiri, backpacker-an saja."

Berbagai promo ditawarkan oleh para perusahaan travel yang ikut serta dalam Japan Travel Fair. Dari mulai tiket pesawat yang murah dan sejumlah paket wisata ke Jepang yang harganya juga cukup terjangkau bagi para pengunjung Mal Kota Kasablanka.

Sejumlah kota seperti Tokyo, Sapporo, Osaka, Kyoto, dan Okinawa menjadi tujuan wisata yang ditawarkan para perusahaan travel. Acara yang berlangsung dari 3-5 Maret ini, memang sangat menarik perhatian pengunjung mal tersebut, ataupun yang sengaja datang ke mal itu hanya untuk datang ke travel fair itu.

Pengunjung lainnya yang memang sengaja datang dari Bintaro ke Mal Kota Kasablanka adalah Pristi, 25 tahun. Pristi datang ke Japan Travel Fair untuk membeli tiket ke Jepang pada November nanti.

Pristi juga merasa akhir tahun adalah waktu yang tepat untuknya berlibur. Berbeda dengan Alif, dia tak merasakan kesulitan membeli tiket pesawat di tanggal yang diinginkannya. "Enggak antre sih dan kebetulan ketemu jadwal yang saya inginkan."

Kehadiran travel fair semacam ini, cukup memudahkan untuk orang-orang seperti Pristi. Baginya jika harus membeli secara online, lebih baik datang ke acara promo seperti ini, karena dirinya bisa mendapatkan harga tiket pesawat yang lebih murah.

Meski mengaku belum menyusun jadwal liburannya selama di Jepang, Pristi tampak cukup antusias dengan rencananya, dan direncanakan dia akan berlibur bersama satu orang temannya. "Berdua sama teman saja sih di akhir tahun nanti," ucap dia.

DIKO OKTARA