Metro, Jakarta - PT KAI Commuter Jabodetabek akan menyediakan alat portable ramp berupa papan alumunium lipat yang fleksibel untuk dipindahkan bagi pengguna kursi roda. "Akan digunakan untuk membantu pengguna KRL yang menggunakan kursi roda beraktivitas naik-turun KRL," kata Vice President Komunikasi PT KCJ Eva Chairunisa, melalui keterangan tertulisnya, Jumat, 3 Maret 2017.

Eva mengatakan potable ramp sedang diproduksi dan telah diuji coba. Pihaknya menargetkan portable ramp telah tersedia di 74 stasiun KRL Jabodetabek pada Mei mendatang. Dalam pemakaiannya, pengguna KRL disabilitas akan dibantu oleh passenger service di stasiun.

Adapun dalam proses pelayanan, Eva menjelaskan, passenger service di stasiun keberangkatan akan membantu pengguna disabilitas dengan kursi roda sampai naik ke rangkaian KRL. Selain berkoordinasi dengan petugas pengawalan KRL, petugas di stasiun awal akan menghubungi passenger service di stasiun tujuan.

"Untuk menginformasikan nomor kereta dan nomor rangkaian di mana terdapat pengguna dengan kebutuhan khusus tersebut, agar dapat dilayani saat kereta tiba di stasiun tujuan," katanya.

Menurut Eva, langkah tersebut merupakan bentuk komitmen perusahaan untuk memperbaiki aksesibilitas KRL Jabodetabek. Sebelumnya, PT KCJ juga telah memasang ubin disabilitas di 35 stasiun KRL Jabodetabek dan akan dipenuhi secara bertahap di seluruh stasiun.

Eva juga mengatakan bahwa peningkatan layanan lainnya juga telah dipenuhi, seperti penyediaan informasi visual dan audio di stasiun dan di dalam KRL. "Serta pembuatan pintu manual dan jalur khusus disabilitas atau permanent ramp di stasiun," kata dia.

FRISKI RIANA