Bola, Jakarta - Pesepakbola legendaris asal Prancis, Raymond Kopa, yang memenangkan Liga Champions Eropa tiga kali bersama Real Madrid pada era 1950-an, meninggal dunia pada Jumat, 3 Maret 2017, dalam usia 85 tahun akibat sakit.

Kopa yang tumbuh di tengah keluarga penambang miskin di Prancis utara menjadi salah satu pemain terhebat di Eropa saat memperkuat Real Madrid bersama Alfredo di Stefano dan Ferenc Puskas.

Kopa juga memegang peran penting untuk timnas Prancis yang dikalahkan Pele dari Brasil pada laga semifinal Piala Dunia 1958.

“Dia menghembuskan napas terakhir pada pukul 08.15 setelah penyakitnya memburuk. Raymond sudah dirawat di rumah sakit sejak Minggu,” kata menantunya William Boucher dilansir dari AFP, Jumat.

Ia memenangkan penghargaan Ballon d'Or pada 1958 sebagai gelandang penyerang dengan nama asli Kopaszewski.

Di usia muda, Kopa tidak bisa menjadi penambang akibat sebuah kecelakaan yang membuat dua jarinya diamputasi. Dia kemudian menjadi pesepakbola remaja untuk membela klub Angers di Prancis.

Dia pindah ke Reims pada 1951 saat masih berusia 19 tahun dan bergabung dengan Real Madrid pada 1956 untuk bekerja sama dengan Di Stefano, salah satu legenda hidup Real Madrid, demikian AFP.

ANTARA