Metro, Jakarta - Polisi telah memeriksa tujuh saksi terkait insiden jatuhnya lift di Blok M Square, Jumat, 17 maret 2017. Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Polda Metro Jaya Komisaris Besar Raden Prabowo Argo Yuwono mengatakan, ketujuh orang tersebut diperiksa sebagai saksi atas insiden tersebut.

"Sudah ada tujuh orang yang kami periksa," ujar Argo saat dihubungi, Sabtu, 18 Maret 2017.

Selain memeriksa saksi-saksi, polisi juga akan memeriksa pengelola mal. Tujuannya untuk mengetahui penyebab jatuhnya lift tersebut. "Nanti pasti kami juga akan memeriksa pihak pengelolanya, yang bertanggung jawab untuk perawatannya siapa," katanya.

Baca: Lift Jatuh di Blok M Square, Plt Gubernur Sesalkan Sikap Warga

Ditanya soal dugaan sementara penyebab insiden itu, Argo enggan menjawabnya. Menurut dia, penyebab insiden tersebut akan dipastikan oleh saksi ahli nantinya.

Sebelumnya, sebuah lift di Blok M Square jatuh ke lantai dasar dan menyebabkan 24 korban terluka. Para korban langsung dievakuasi dan dirawat di Rumah Sakit Pusat Pertamina, Jakarta Selatan.

Sebelas korban bahkan harus menjalani operasi akibat patah tulang. Diduga lift itu membawa beban lebih dari seharusnya. Seharusnya lift itu mampu menampung 1.600 kilogram atau setara dengan 24 orang, namun kemarin, lift diisi oleh sekitar 31 orang.

INGE KLARA SAFITRI