Nasional, Jakarta - Menteri Luar Negeri Australia Julie Bishop menyampaikan bahwa dirinya sudah tak sabar untuk mengikuti Konferensi Tingkat Tinggi IORA (Indian Ocean Rim Association) di Jakarta, Senin, 6 Maret 2017. Salah satunya, karena dirinya akan menjadi pembicara dalam acara tersebut bersama Menlu perempuan lainnya.

"Saya tak sabar untuk bekerja sama dengan dua menteri luar negeri perempuan lainnya," ujar Bishop saat memberikan keterangan pers di Kementerian Luar Negeri, Minggu, 5 Maret 2017.

Baca: Kominfo Minta Hasil KTT IORA Bisa Diakses Publik Secara Luas

Dua menteri luar negeri perempuan yang dimaksud Bishop adalah Menteri Luar Negeri Indonesia Retno Marsudi serta Menteri Kerja sama dan Hubungan Internasional Afrika Selatan Maite Emily Nkoana-Mashabane. Bishop berkata, ia dan kedua menlu lain akan membahas banyak hal dalam KTT IORA nanti.

Beberapa hal yang akan dibahas, kata Bishop, adalah masalah keamanan maritim, perikanan, pertukaran teknologi, penanganan bencana, pendidikan, dan masih banyak lagi. Ia berharap pembahasan itu bisa berujung pada kerja sama yang komprehensif.

"Tidak lupa saya ucapkan selamat kepada Indonesia karena berhasil melaksanakan KTT IORA pertama dalam 20 tahun terakhir," ujarnya.

Menteri Luar Negeri Indonesia Retno Marsudi mengapresiasi antusiasme Bishop perihal KTT IORA besok. Retno menambahkan, Indonesia dan Australia juga akan membahas tentang pemberdayaan perempuan atau girl empowerment.

"Jadi kami ingin melanjutkan pembahasan masalah pemberdayaan perempuan dalam konteks IORA besok," ujar Retno.

Baca: Deklarasi Anti Terorisme, IORA Ingin Jawab Tantangan Global

Bishop bukan satu-satunya delegasi Australia yang akan hadir di KTT IORA. Perdana Menteri Australia Malcolm Turnbull juga akan hadir bersama Menteri Perdagangan Australia dan Menteri Pariwisata Australia.

Kedatangan mereka tidak hanya untuk IORA, tetapi juga untuk menindaklanjuti hasil kunjungan Presiden Joko Widodo ke Australia pada Februari lalu. Di antaranya CEPA (Comprehensive Economic Partnership Agreement) Indonesia dan Australia, kerja sama pariwisata, kerja sama investasi.

ISTMAN M.P.