Nasional, Bandung - Istri Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan, Netty Heryawan, disebut-sebut sebagai sosok calon gubernur pada pemilihan kepala daerah Jawa Barat 2018. Terkait hal itu, Aher, sapaan akrab Gubernur Jawa Barat, belum mau banyak berkomentar.

"Ngalir saja, bisa jadi, bisa enggak. Kan masih lama," ujar Aher, di Bandung, Selasa, 21 Maret 2017.

Baca: Pilkada Jawa Barat, PKS Bidik Ridwan Kamil dan Istri Ahmad Heryawan 

Aher memilih untuk mengikuti perkembangan dinamika yang terjadi. "Ngikuti saja dulu," ujarnya. Ia pun menyerahkan keputusan pada sang istri.

Namun, Aher memberikan lampu hijau bagi Netty untuk maju pencalonan jika mendapat dukungan dari masyarakat. "Kalau masyarakat mendukung, partai mendukung, saya enggak bisa nolak. Kan gitu," kata Aher.

Aher menepis tudingan soal politik dinasti. Menurut dia, jika nanti istrinya Netty maju calon Gubernur Jawa Barat, itu bukan politik dinasti. "Dinasti itu kalau dipaksa-paksa. Kalau ini dimenta ku batur (diminta orang lain) karena kepantasan mah bukan dinasti atuh," ucapnya.

Baca: Pilgub Jawa Barat, Ini Pesan Deddy Mizwar Buat Ridwan Kamil

Netty santer disebut sebagai salah satu tokoh yang masuk bursa calon Gubernur Jawa Barat. Tokoh lain, di antaranya, Wakil Gubernur Jawa Barat, Deddy Mizwar dan Bupati Purwakarta Dedi Mulyadi. Hingga saat ini baru Wali Kota Bandung Ridwan Kamil yang mendeklarasikan bakal mencalonkan diri.

AHMAD FIKRI