Metro, Jakarta - Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok menyatakan ingin memperbanyak pembangunan rumah susun (rusun). Upaya itu dilakukan untuk menekan angka inflasi di sektor perumahan yang makin tinggi.

"Kami mau banyak bangun rumah di Jakarta, apartemen dan rusun. Supaya orang kerja tetap tinggal di Jakarta," kata Ahok di Wisma Fund Oetoek Bantoean Atjeh (FOBA), Jakarta, Ahad, 5 Maret 2017. Ahok mengatakan inflasi di sektor perumahan, khususnya penyewaan rumah atau kamar merupakan yang terbesar di Jakarta.

Ke depan, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta akan menggandeng Perum Perumnas untuk membangun Rusun di dekat jalur kereta api atau terminal. Salah satu rencananya ialah pembangunan Rusun di kawasan Tanjung Barat. "Kami mau semua stasiun terminal di atasnya ada tempat tinggal," ucap Ahok.

Baca: Ahok Datangi Acara Maulid Nabi yang Diadakan FOBA Aceh  

Selain membangun, Pemprov DKI juga akan berupaya merehabilitasi wisma mahasiswa Aceh. Ahok mengatakan dengan banyaknya pengusaha asal Aceh di Jakarta, Pemda bisa bekerja sama memperbaiki Wisma FOBA yang terletak di kawasan Setiabudi, Jakarta Selatan. "Habis Pilkada saja kita bicarakan. Supaya tidak sensitif," ucap Ahok.

Salah satu alumni Wisma FOBA Hayat Nama berharap Pemerintah DKI bisa memberi masukan kepada pengurus untuk memperbaiki wisma. "Semoga bisa di follow up oleh pemerintah Jakarta," kata Hayat.

Pada kesempatan yang sama, Ketua Umum Pengurus Wisma FOBA Ihsan Efendi menegaskan kedatangan Ahok tidak ada kaitannya dengan pemilihan kepala daerah. Pengurus, ucapnya, mengundang Ahok sebagai Gubernur DKI bukan salah satu kandidat calon gubernur. "Ini acara rutin tahunan Maulid Nabi Muhammad dan tidak terkait soal Pilkada," ucapnya.

Baca: Makam Mbah Priok Resmi Cagar Budaya, Ahok: Bukan Politis  

Ihsan juga membantah bila acara Maulid Nabi Muhammad di Wisma FOBA akan dijadikan ajang deklarasi mendukung Calon Gubernur Anies Baswedan. Namun ia membenarkan bila Ahok dan Anies akan datang ke acara Maulid Nabi.

"Kami undang semua elemen," kata dia. Namun hingga Ahok pulang dari acara Maulid Nabi di Wisma FOBA, Anies belum juga datang. "Kami belum dapat konfirmasi ketidakhadiran Anies," ucap Ihsan.

ADITYA BUDIMAN