Nasional, Denpasar - Raja Arab Saudi Salman bin Abdulaziz al-Saud bersama rombongannya mengakhiri kunjungan kenegaraan di Jakarta, Jumat, 3 Maret 2017. Besok, Sabtu, 4 Maret 2017, Raja Salman menuju ke Bali untuk berlibur. Ia direncanakan tiba di Bali pukul 17.45 Wita.

Panglima Komando Daerah Militer IX//Udayana Mayor Jenderal Kustanto Widiatmoko mengatakan para pasukan yang bertugas menjaga Raja Salman sudah mulai memasuki lokasi pengamanan masing-masing.

"Kami dengan jajaran Kepolisian dan Pemda total 2.500 personil, mencakup semua bidang kegiatan," kata Kustanto seusai gelar pasukan di lapangan Lagoon, Nusa Dua, Bali, Jum'at, 3 Maret 2017.

Baca: Pengamanan Raja Salman di Bali Libatkan Sniper dan Pecalang

Kustanto menuturkan sudah menyiapkan pasukan berkemampuan khusus untuk menjaga keamanan Raja Salman selama liburan di Bali. "Sniper itu pasti, juga antiteror dan penjinak bahan peledak (jihandak). Tempat (petugas berjaga) tidak usah diceritakan," ujarnya. "Ring itu fleksibel, tidak bisa dijelaskan di sini."

Ia menuturkan untuk pengamanan laut berjarak satu mil dari pantai lokasi Raja Salman menginap di Hotel Saint Regis. "Sudah siapkan ada enam unit kapal. Kami harus makin pandai menempatkan diri," tuturnya.

Simak: Raja Salman Bertemu Tokoh Lintas Agama, Siang Ini

Kapolda Bali Inspektur Jenderal Petrus Reinhard Golose menambahkan personil Kepolisian untuk pengamanan melekat berjumlah 878 orang. "Ring 1 tetap dari pengamanan keluarga raja dan paspampres. Kami di ring 2, ring 3 bersama-sama tetap melakukan pengamanan," ucapnya.

Petrus berujar untuk pengawalan pengamanan perjalanan, misalnya untuk pelesiran salah seorang pangeran, bersifat fleksibel. "Kami sudah siapkan (untuk pengamanan) satu kendaraan roda dua, satu kendaraan roda empat, dan pengawal," tuturnya.

BRAM SETIAWAN