Metro, Jakarta - Kebakaran terjadi di Pintu Satu Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta Pusat, pada Jumat siang, 3 Maret 2017. "Yang terbakar itu saf kabel," kata Mochtar Zakaria, Kepala Seksi Operasi Suku Dinas Pemadam Kebakaran Jakarta Pusat, saat dihubungi Tempo, hari ini.

Mochtar mengatakan penyebab kebakaran tersebut karena adanya hubungan arus pendek pada saf kabel di lantai satu. Api juga melahap hingga lantai lima.

Berita lain: Ahok Bersalaman dengan Raja Salman, Fahri Hamzah: Tidak Layak

Menurut Mochtar, petugasnya baru memadamkan api pada pukul 15.00 WIB. Sebab, kata dia, ada banyak kesulitan yang dihadapi petugas di lapangan.

"Gedungnya kan bentuknya miring gitu. Saf mengikuti kemiringan. Barangkali lurus, bisa kami semprot dari atas, gampang. Tapi karena rongga kecil dan sempit, menyulitkan," katanya.

Selain itu, petugas pemadam kebakaran membutuhkan waktu untuk mengambil air lantaran keringnya kolam renang di sekitar GBK. Kolam tersebut sudah dibongkar dan tidak dipakai lagi. Diketahui, GBK saat ini sedang direnovasi untuk menyambut ajang Asian Games 2018.

Mochtar menyebutkan ada 11 unit mobil damkar yang diterjunkan. Dia memastikan tak ada korban jiwa dari peristiwa tersebut. Adapun kerugian material yang dialami, pihaknya belum bisa memastikan. "Pengelolanya bilang belum bisa menaksir," ujarnya.

FRISKI RIANA