Metro, Jakarta - Raja Arab Saudi Salman bin Abdulaziz Al Saud diagendakan bertolak ke Bali pada Sabtu, 4 Maret 2017. Rencananya, Raja Salman akan pergi melalui Bandara Halim Perdanakusumah.

Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Polda Metro Jaya Komisaris Besar Raden Prabowo Arho Yuwono mengatakan, pihaknya akan kembali mengamankan jalur perjalanan Raja Salman dan rombongan dari Hotel Rafless di kawasan Kuningan hingga ke Bandara Halim. Polanya, lanjut Argo, masih sama seperti saat kedatangan Raja Salman, Rabu lalu.

Baca juga: Pengamanan Raja Salman di Bali Libatkan Sniper dan Pecalang

"Sama saja seperti kemarin saat datang. Sabtu kan jalanan agak lenggang, tapi kami akan tetap menghentikan sementara kendaraan. Setelah rombongan lewat, baru dibuka jalurnya lagi," kata Argo saat dikonfirmasi, Jumat, 3 Maret 2017.

Ditanya mengenai kemungkinan menyiapkan anggota bersenjata di sepanjang jalur yang dilalui Raja Salman dan rombongan, Argo menjelaskan bahwa pihaknya hanya mengamankan jalur dan berada di ring 3 dan 4. "Kami di ring 3 dan ring 4. Kami amankan rute-rutenya saja. Kan ring 1 sama ring 2 TNI. Paspamres kan TNI juga," katanya.

Raja Salman beserta 1.500 anggota rombongannya berkunjung ke Jakarta pada 1 Maret 2017. Sesaat seelah sampai di Jakarta, Raja Salman langsung bertolak ke Istana Bogor untuk mengikuti sejumlah acara kenegaraan bersama para menteri dan Presiden Joko Widodo.

Simak juga: Ini Harga Mercedes-Maybach S 600 Pullman Guard Raja Salman

Kegiatannya pun dilanjutkan dengan kunjungan ke DPR dan ke Masjid Istiqlal. Setelah dari Jakarta, Sabtu besok, Raja Salman dan rombongan akan melanjutkan liburan ke Bali bersama rombongannya hingga 9 Maret 2017.

INGE KLARA SAFITRI