Nasional, Palangkaraya -- Kepala Dinas Tanaman Pangan, Hotikultura, dan Peternakan Provinsi Kalimantan Tengah, Tute Lelo, mengatakan, program swasembada cabai ini merupakan program pemerintah pusat dan didanai Anggaran Pendapatan Belanja Negara.

Sebantak 198 ribu  bibit cabai rawit dan cabai besar akan dibagikan secara gratis ke sejumah kelompok masyarakat di sembilan kabupaten/kota di Kalteng.

Baca: Pasar Murah Cabe Rawit Bandung Jual Rp 85 Ribu per Kilogram

 Kesembilan kabupaten/kota ini antara lain Kabupaten Kapuas yang mendapatkan bibit cabai rawit sebanyak 36 ribu bibit cabai rawit dan 18 ribu cabai besar, Kotawaringin Timur yang mendapatkan bibit cabai rawit 36 ribu dan cabai besar 18 ribu, dan Kotawaringin Barat yang mendapat bibit cabai rawit 18 ribu dan cabai besar 18 ribu.

Lalu ada Kabupaten Gunung Mas yang mendapat bibit cabai besar 18 ribu dan Kota Palangka Raya yang mendapat bibit cabai rawit dan cabai besar sebanyak masing-masing 18 ribu.

Lihat:
Panen Tersendat Picu Harga Cabai Bergejolak Liar

Untuk  pengadakan 198 ribu  bibit cabai ini, pemda sedang berkoordinasi dengan dinas terkait di kabupaten/kota karena penyemaian bibit cabai ini akan dilakukan di kabupaten/kota masing-masing.

Ini dilakukan karena jika penyemaian bibit cabai di lakukan di provinsi maka akan sulit untuk mendistribusikannya. “Kita saat ini masih melakukan koordinasi dengan teman-teman kabupaten untuk melaksanakan itu kalau kita buat di sini, nanti kita sulit mengangkutnya. Sehingga dari Provinsi hanya anggaranya saja,” kata dia.

Dengan bantuan bibit cabai rawit dan cabai besar itu, ujar Tute, pemerintah berharap warga bisa menyuplai kebutuhan rumah tangga mereka sehari-hari.

KARANA WW