Gaya, Jakarta - Mahasiswa Teknik Elektro Universitas 17 Agustus 1945, Surabaya, Mukti Ari Wibowo, membuat robot pembersih lantai yang dinamai Mr Floor Cleanser atau Mr FC.

Saat ditemui di kampusnya, Rabu, Mukti berharap Mr FC bisa menjadi alternatif solusi untuk meringankan pekerjaan rumah tangga, terutama membersihkan lantai, menyapu, mengepel sekaligus mengeringkannya dalam waktu bersamaan.

Baca juga: Begini Gaya Sang Jenderal Setelah Purnawirawan

"Bagi para ibu rumah tangga yang kesulitan mencari tenaga pembantu rumah tangga yang terampil dan dapat dipercaya maka alat ini bisa jadi alternatif solusi untuk menjaga rumah agar tetap bersih," katanya.

Robot berbaterai 12 Volt dengan mikrokontroler Arduino Mega dan sensor ultrasonik itu, menurut dia, dirancang untuk dapat bergerak otomatis dengan dua mode pilihan, yaitu zig-zag dan acak.

"Alat ini dirancang untuk dapat berjalan menyusuri lantai, bahkan di kolong-kolong meja dan kursi yang sukar dijangkau oleh tangan. Selain itu, Mr FC memiliki mode pilihan lama waktu yang diinginkan, sehingga mudah untuk dapat dikendalikan dan penggunaannya," kata dia.

Cara mengoperasikan alat itu menurut dia juga sangat mudah. Pertama, atur lama waktu operasional dengan menekan tombol plus minus lalu enter dan pilih mode pergerakan dengan menekan tombol zig-zag atau acak lalu enter.

"Terakhir pilih piranti optional jika ingin melakukan pembersihan sekaligus pengepelan, tekan tombol Pel. Jika hanya ingin melakukan pembersihan dengan vaccum cleaner saja tinggal tekan tombol enter dan robot akan bergerak sesuai dengan setting," kata dia.

Mukti mengatakan dia menghabiskan Rp 3 juta untuk menyelesaikan pembuatan alat itu, yang sebagian besar bahannya merupakan hasil modifikasi dari alat-alat bekas.

ANTARA

Baca juga:
4 Jenis Makanan Ini Bisa Membuat Anda Tampak Muda
Raja Salman Rupanya Gemar Media Sosial! Ini Faktanya