Nasional, Batam - Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengutuk keras aksi terorisme yang terjadi di London, Rabu, 22 Maret 2017. Jokowi menyerukan kembali kerja sama besar-besaran antarnegara dalam memerangi terorisme.

Jokowi mengatakan dirinya telah mendapatkan laporan dari Menteri Luar Negeri Retno Marsudi soal peristiwa teror di London. "Indonesia mengutuk keras aksi terorisme dalam segala bentuk dan manifestasinya," kata Jokowi soal teror London, di Bandara Hang Nadim, Batam, Kepulauan Riau, Kamis, 23 Maret 2017.

Baca: Teror London, Polisi Inggris Periksa Flat di Birmingham

Aksi teror di London mengakibatkan empat korban tewas, serta puluhan korban luka-luka. Jokowi mengatakan tidak ada warga negara Indonesia yang menjadi korban dalam peristiwa tersebut. "Dan saya menyampaikan duka-cita dan simpati yang mendalam terhadap korban-korban atas kejadian terorisme di London," kata Jokowi.

Jokowi menyerukan kerja sama dunia internasional dalam memerangi terorisme. "Indonesia sekali lagi menyerukan kerja sama besar-besaran antarnegara dalam hal memerangi terorisme," kata Jokowi.

Baca juga: Teror London, Lima Warga Korea Selatan Terluka

Menurut Jokowi, terorisme merupakan tantangan besar dunia. "Saya kira mengatasinya tidak hanya melalui penegakan hukum dan keamanan, tapi juga melalui pendekatan budaya dan agama," kata dia.

AMIRULLAH SUHADA