Dunia, Pyongyang - Korea Utara menembakkan empat rudal balistik ke laut lepas di sebelah barat pantai Jepang, Senin, 6 Maret 2017 pagi. Menurut Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe, tiga dari empat rudal Korea Utara jatuh di Zona Ekonomi Eksklusif Jepang. Perairan ZEE memiliki jangkauan 370 kilometer dari garis pantai.

"Uji coba tersebut menunjukkan secara nyata bahwa Korea Utara memasuki panggung ancaman. Tembakan misil nuklir secara jelas melanggar resolusi Dewan Keamanan PBB. Itu adalah aksi yang sangat berbahaya," kata Abe seperti dikutip dari Al Jazeera.

Berita terkait: Korea Utara Luncukan Empat Rudal Balistik

Uji Coba rudal balistik Korea Utara berlangsung beberapa hari setelah pemimpin Korea Utara menyatakan pembalasannya atas latihan militer bersama Amerika Serikat dan Korea Utara yang dipandang sebagai persiapan perang.

Seoul mengatakan empat rudal yang ditembakkan dari provinsi Pyongan Utara, Korea Utara masuk ke dalam Laut Timur. Seoul dan Washington mulai menggelar latihan militer tahunan bersama pekan lalu.

Militer Korea Selatan mengatakan, rudal antarbenua tersebut bisa menjangkau wilayah Amerika Serikat. Kemampuan terbangnya hingga 1.000 kilometer dengan ketinggian 260 kilometer.

AL JAZEERA | CHOIRUL AMINUDDIN