Pilkada, Jakarta - Partai Demokrat menyatakan akan netral di putaran kedua Pilkada DKI. Agus Harimurti Yudhoyono atau AHY juga tak akan mengarahkan relawan pendukung Agus-Sylvi untuk memilih salah satu pasangan calon gubernur DKI.

Tetapi politikus Gerindra yang juga tim pemenangan Anies-Sandi, Mohammad Taufik mengatakan telah mendapat sinyal positif dari Dewan Pimpinan Daerah Partai Demokrat DKI Jakarta. Taufik mengatakan DPD Demokrat DKI bakal merapat ke kubunya mendukung pasangan Anies Baswedan-Sandiaga Uno.

"(Partai Demokrat) tingkat DKI sudah ada kesepakatan untuk mendukung nomor 3. Deklarasi akan diberikan kepada Pak Ketua (DPD) Demokrat (Nachrowi Ramli). Lagi diatur waktunya," kata Taufik saat ditemui usai menghadiri tabligh akbar bersama Anies di Lapangan Ahmad Yani, Kebayoran Lama, Jakarta Selatan, Ahad, 19 Maret 2017.

Taufik mengatakan saat ini, hampir semua partai yang sempat mendukung Agus Harimurti Yudhoyono dan Sylviana Murni, telah menyatakan dukungan bagi Anies Sandi. Dukungan diberikan dari partai-partai di tingkatan provinsi.

Hal ini diamini oleh Anies. Ia mengaku senang banyak partai yang mendukungnya meski belum ada deklarasi resmi. Bahkan beberapa partai, kata Anies, sudah mulai bekerja membuat posko kemenangan.

"Perindo sudah, PAN juga sudah mulai, tentu insya Allah di level DPW (Dewan Pimpinan Wilayah) itu sudah. Kemudian Demokrat sudah, semua nanti akan bekerja," kata Anies.

EGI ADYATAMA